Ragam Kegiatan Mewarnai Ultah Kabupaten Aceh Tamiang Yang ke-16


author photo

9 Apr 2018 - 07.23 WIB


Aceh Tamiang [] Radaraceh.com _ Menjelang hari jadi Kabupaten Aceh Tamiang Ke-16 Tahun, ragam kegiatan mulai terlihat Mewarnai, dari senam sehat, jalan santai dan sepeda santai. Acara di selenggarakan pada Minggu pagi (8/4).

Rangkaian acara ini merupakan salah satu penyambutan hari jadi Kabupaten Aceh Tamiang yang jatuh pada selasa (10/4) nanti. 

Ya, Kabupaten Aceh Tamiang adalah Kabupaten yang terbentuk hasil pemecahan dari Kabupaten Aceh Timur, dan terletak di perbatasan Aceh - Sumatera Utara. Dengan luas Wilayah 1.957.02 km, dengan Titik Kirdinat 03° 53°-04° 32' LU dan 97° 44'-98° 18' BT, Dan resmi di tetapkan sebagai Kabupaten Aceh Tamiang 10 April 2002, Dengan Dasar Hukum UUDRI No 4 Tahun 2002.

Kegiatan yang di ikuti kurang lebih oleh 8000 peserta dari segala usia baik tua ataupun muda, juga dari berbagai kalangan dan suku yang ada di Tamiang. 

Mengingat Kabupaten Aceh Tamiang hasil dari pemekaran Kabupaten Aceh Timur, dan merupakan satu satunya kawasan di Aceh yang banyak bermukim etnis Melayu, yang mencapai 60%, walaupun jumlah populasi suku jawa mencapai 20%, lebih banyak di bandingkang etnis melayu, tetapi kergaman ini yang membuat Kabupaten Aceh Tamiang semakin solid dan mempunyai khas tersendiri di mata Aceh Lainnya. 

Selain 2 etnis tersebut, suku Aceh juga mewarnai ragam suku dan budaya di Aceh Tamiang, jumlahnya mencapai 15%, sedangkan 5% nya lagi suku batak dan suku lainnya. 

Acara penyambutan Hari jadi Kabupaten Aceh Tamiang yang Ke -16 Tahun di awali pada pagi hari dengan kegiatan Senam Sehat bersama di alun alun belakang Kantor Bupati, dan kemudian di lanjutkan dengan kegiatan Jalan Santai, dengan rute yang di tempuh kurang lebih sepanjang 3km, di mulai dari lapangan kantor Bupati ke arah belakang komplek perkantoran menuju kampung Jawa Belakang melewati TK-Maryam, selanjutnya keluar ke jalas lintas umum menuju garis finish di depan kantor Bupati. 

Sedangkan kegiatan sepeda Santai, dengan rute tempuh kurang lebih 6km, dengan garis start Kantor Bupati ke luar menuju jalan lintas umum arah ke kota kualasimpang melewati kantor Pos Kualasimpang dan kembali lagi ke garis finish di depan kantor Bupati. 

dan pelepasan kegiatan tersebut di lakukan oleh Bupati dan Ketua DPRK Aceh tamiang." luar biasa,, ternyata tahun ini lebih banyak pesertanya, dan terasa lebih meriah. Saya mengucapkan terima kasih sebesar besarnya kepada panitia pelaksana kegiatan hari ini dan juga kepada seluruh peserta yang mengikuti kegiatan ini, semoga Aceh Tamiang Jaya selalu dan Sejahtera ". Ungkap Bupati Aceh Tamiang H Mursil sebelum melakukan pelepasan jalan santai dan sepeda santai. 

Terlihat wajah wajah ceria dari seluruh peserta kegiatan tersebut, ceria yang menggambarkan sebuah harapan dan keinginan besar Kepada Kabupaten Aceh Tamiang yang kini sudah mulai beranjak Remaja. 

Bukan sekedar harapan mendapatkan hadiah yang telah di sediakan oleh panitia pelaksana, " bukan Sepeda Motor, bukan sepeda, bukan mesin cuci, bukan Televisi, dan bukan juga hadiah hadiah hiburan lainnya", 

Tetapi harapan kepada kemajuan Kabupaten Aceh Tamiang ini, khususnya Pembangunan di segala bidang, pendidikan yang lebih bermutu, dan juga infrastruktur yang lebih baik. 

Seperti harapan yang di ucapkan Bupati ketika pelepasan pada acara ini, "semoga Aceh Tamiang Jaya dan sejahtera". Semoga ini bukan sekedar ucapan dan harapan saja, tapi harus dengan pembuktian kerja nyata, agar Aceh Tamiang ini bisa Jaya dan sejahtera. [] zf 
Bagikan:
KOMENTAR