Polres Lhokseumawe Gelar Latihan Dalmas, Dengan Berbagai Tekhnik


author photo

7 Apr 2018 - 15.31 WIB


Lhokseumawe --- Anggota Sat Sabhara Polres Lhokseumawe melaksanakan latihan rutin pengendalian massa (dalmas) guna peningkatan kemampuan dalam menghadapi unjuk rasa, Sabtu (07/04/2018) pagi.

Kegiatan pelatihan tersebut dilaksanakan di halaman depan Mapolres Lhokseumawe, dipimpin langsung oleh Kasat Sabhara Polres SLhokseumawe Iptu Sofyanto kemudian didampingi Kanit dan Kasubnit Dalmas Polres Lhokseumawe.

"Latihan Dalmas inti ini untuk mengantisipasi pengamanan massa dalam menghadapi unjuk rasa." ujar Iptu Sofyanto. 

Ia mengatakan rangkaian latihan digelar dengan berbagai sistem atau tekhnik pengamanan massa, dari tingkatan yang paling ringan dengan tidak memakai hingga tingkatan selanjutnya dimana personil menggunakan tali dalmas. 

Sementara itu, Kbo Sabhara Ipda Gunanto mengatakan ada sekitar 30 personel yang dilibatkan dalam memperagakan beberapa latihan tersebut, seperti latihan formasi dalmas. 

"Pelatihan pengendalian massa dimulai dari latihan dalmas awal yaitu tanpa menggunakan peralatan, sampai penggunaan peralatan dari helm, tongkat, serta tameng," ujar Kbo Sabhara Ipda Gunanto.

Pelatihan tersebut bertujuan melatih fisik anggota serta kesiapan anggota pada saat menghadapi unjuk rasa yang sebenarnya di lapangan.

"Dalmas dalam pelaksanaan tugas di lapangan bergerak dalam ikatan peleton dan kompi, bergantung dari jumlah massa dan tingkat anarkis dan bahaya yang ditimbulkan," tambah Ipda Gunanto.

Dalam mengendalikan massa, Ipda Gunanto mengatakan terdapat beberapa tahapan yang dilalui, mulai dari tindakan preventif dengan menurunkan tim negosiator, hingga menggunakan peralatan pemecah massa seperti gas air mata atau water canon.

"Standard Operational Procedure (SOP)-nya mengacu pada Perkap Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penggunaan Kekuatan dalam Tindakan Kepolisian," pungkasnya (Rmd)
Bagikan:
KOMENTAR