Mukim Teuku Chik Lamkapang Diresmikan


author photo

10 Apr 2018 - 14.29 WIB


Radaraceh.com | Aceh Timur – Drs. Zahri, M.AP Asisten Pemerintahan Sekretariat Kabupaten Aceh Timur, Selasa tanggal 10 april 2018 meresmikan Mukim Teunku Chik Lamkapang, Kecamatan Peureulak Timur, Kabupaten setempat. Peresmian mukim tersebut berlangsung dihalaman Kecamatan setempat.

Drs. Zahri, M.AP, dalam sambutannya dan arahannya mengatakan, adapun tujuan pembentukan mukim definitif yang baru adalah untuk meningkatkan penyelenggaraan pemerintahan mukim dan pelayanan kepada masyarakat serta penyelenggaraan adat istiadat secara berdaya guna dan berhasil, guna sesuai dengan tingkat perkembangan dan kemajuan pembangunan serta nilai adat istiadat ke Aceh an yang islami.

"Peresmian Mukim Teuku Chik Lamgapang, sesuai dengan usulan surat Camat Peureulak Timur nomor 100/1228/2016 tanggal 22 september 2016 tentang usulan pemekaran mukim definitif Teuku Chik Lamkapan," tegas Drs. Zahri.

Drs. Zahri menambahkan, secara administratif mukim adalah kesatuan masyarakat hukum dibawah Kecamatan dalam Provinsi Aceh yang terdiri dari atas gabungan beberapa Gampong yang mempunyai batas wilayah tertentu yang dipimpin oleh imum mukim dan berkedudukan langsung dibawah Camat," demikian pungkasnya.

Sebelumnya, Abdul Muthaleb, BA Camat Kecamatan Peureulak Timur dalam laporannya menyampaikan, bahwa Kecamatan Peureulak Timur terdiri dari 20 Gampong dan 3 kemukiman. Adapun Kemukiman Alue Nireh terbagi dalam 8 Gampong diantaranya, Gampong Sematang Keude, Gampong Glangang Merak, Gampong Seunebok Dalam, Gampong Seunebok Paya, Gampong Seunebok Jalan, Gampong Seunebok Rawang, Gampong Alue Thoe dan Gampong Aluebu Alue Nireh.

Sementara kemukiman Alue Nireh Terbagi dalam 7 Gampong diantaranya Gampong Alue Bugeng, Gampong Alue Gureb, Gampong Buket Meriam, Gampong Seunebok Pintu, Gampong Seunebok Teungoh, Gampong Seunebok Teupin dan Gampong Aluebu Alue Lhok," kata Abdul Muthaleb.

Kemudian untuk Kemukiman Teuku Chik Lamkapang yang baru diresmikan hari ini terbagi dalam 5 Gampong diantaranya Gampong Kruet Lintang, Gampong Jeungki, Gampong Babah Krueng, Gampong Tualang Paten dan Gampong Seunebok Lapang," demikian sebut Abdul Muthaleb.

Turut hadir pada peresmian Mukim Teuku Chik Lamkapang diantaranya, Drs. Zahri Asisten Pemerintahan Sekretariat Kabupaten Aceh Timur, Ipda Deny Akbar. SH Kapolsek Peureulak Timur, Serda Aspan mewakili danramil 27, Abdul Muthalib. BA Camat Peureulak Timu dan para tamu undangan lainnya. (Romy)
Bagikan:
KOMENTAR