Kodim 0111/Bireuen Menggelar Kegiatan Garjas Periodik Tahun 2018


author photo

9 Apr 2018 - 11.56 WIB


BIREUEN - Pembinaan jasmani militer  merupakan salah satu fungsi khusus TNI-AD. Sesuai peran dan fungsinya  menyelenggarakan pembentukan kemampuan fisik,seluruh anggota Kodim 0111/Bireuen mengikuti Kesegaran Jasmani (Garjas) Periodik I (Pertama) Th. 2018 yang diselenggarakan oleh Jasrem 011/Lilawangsa  selama Tiga (3) hari berturut-turut mulai dari tanggal 09 – 11 April 2018 bertempat di Lapangan Paya Kareng Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen, Senin (09/04/2018).

Sebelum melaksanakan kegiatan Garjas terlebih dahulu melaksanakan pengecekan Kesehatan serta prosedur lainnya yang sesuai petunjuk pelaksanaan kesamaptaan jasmani yang di keluarkan oleh TNI-AD.

Pada pelaksanaan Garjas terdapat beberapa tes fisik yang harus diikuti oleh seluruh peserta diantaranya Samapta A berupa Lari sejauh 3.200 meter dengan waktu capai yang telah ditentukan sesuai kategori umur kemudian dilanjutkan dengan Samapta B seperti Pull-Up, Push-Up, Shit-Up dan Lari Sprint angka delapan. Nilai yang nantinya didapat antara Samapta A dan nilai rata-rata Samapta B akan digabungkan dan hasilnya dibagi dua.

Dari nilai hasil keseluruhan tes kesegaran jasmani (Garjas A+B) ini dibagi dua dan mendapatkan nilai akhir yang akan digunakan sebagai dasar penilaian Garjas periodik.

Dilain tempat Dandim 0111/Bireuen Letkol Inf Amrul Huda, S.E., M.M., M.Sc. menyampaikan," Kegiatan tes kesegaran jasmani periodik ini merupakan program yang harus dilaksanakan oleh setiap Prajurit Kodim 0111/Bireuen, kemampuan jasmani yang baik mutlak harus dimiliki oleh setiap Prajurit, karena hal ini merupakan tolak ukur dalam melaksanakan tugas sehari hari.

Dandim 0111/Bireuen berharap melalui tes Garjas Periodik ini, dapat mengukur dan mengetahui kemampuan jasmani prajurit setiap enam bulan sekali, apakah  meningkat atau sebaliknya menurun.

"Apabila jasmani prajurit meningkat harus dipertahankan akan tetapi apabila jasmani prajurit menurun perlu diadakan pembinaan fisik, "ucapnya. (faZ/Rils)
Bagikan:
KOMENTAR