Ketua TP PKK, Ny Kasmarni Amril Yang Didampingi Bupati Bengkalis Amril Mukinin Menggunting Pita Peresmian Taman Kota Hijau Terbuka


author photo

12 Apr 2018 - 17.27 WIB


Pinggir,Riau,"Radaraceh.com - Dengan Telah diresmikannya Ruang Taman Hijau Terbuka untuk umum di Kecamatan Pinggir sangat diharapkan bisa membangun Kesadaran masyarakat akan arti pentingnya taman sebagai ruang terbuka hijau demi kesehatan dan harus semakin meningkat kesadarannnya, karena hampir semua kota di Indonesia, di Kota-Kota yang ada di Provinsi Riau dan khususnya di Kabupaten Bengkalis dibangunnya Infrastruktur Taman-taman yang indah untuk mendapatkan sirkulasi udara dan pikiran yang jernih sehat dan bermanfaat.

Setiap taman Kota yang pastinya memiliki banyak  fungsi, baik sebagai pusat Pemerintahan, kegiatan Ekonomi Masyarakat, Karya Industri, Transportasi, Perdagangan, Pendidikan dan Sosial Budaya, kita memiliki taman yang punya ciri khas tersendiri," ungkap Bupati Bengkalis Amril Mukminin saat meresmikan Taman Muajolelo Kecamatan Pinggir,  di luar pagar halaman Kantor Camat Pinggir, pada Kamis, (11/4/2018) pagi hari itu.

Peresmian taman yang dibangun oleh Dinas Tata Kota Perumahan dan Pertanahan Kabupaten Bengkalis menggunakan Tahun Anggaran 2017 itu, ditandai dengan penandatanganan prasasti Taman Bathin Muajolelo dan penandatanganan prasasti Kota Ku Tanpa Kumuh (KOTAKU) oleh Bupati Bengkalis serta pengutingan pita Oleh Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Bengkalis Kasmarni Amril.

Pada kesempatan itu Bupati Bengkalis juga mengatakan, taman merupakan manifestasi Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang merupakan penyeimbang ekologis dari kegiatan kota yang cenderung menyumbang polusi yang amat tinggi, taman juga bisa mengurangi temperatur udara kota yang sangat panas, dan taman juga bisa sebagai daerah resapan air.

"Keberadaan taman sebagai bagian dari ruang terbuka hijau sangat strategis dengan konsep pembangunan yang memenuhi aspek ekonomi, sosial dan lingkungan. Idealnya, ruang terbuka hijau wilayah perkotaan minimal 30% dari luas Kabupaten/Kota," kata Kepala Daerah Bengkalis itu.

"Luas hutan kota minimal 10% dari luas Kabupaten/Kota yang menjadi bagian dari RTH. Untuk itu maka pembangunan RTH dan keberadaannya sangat penting untuk menjaga keserasian dan keseimbangan ekosistem," lanjut mantan Kepala Desa Muara Basung Kecamatan Pinggir.

Amril Juga menuturkan,"membangun kota yang memperhatikan lingkungan memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Selanjutnya pembangunan Taman Bathin Muajolelo ini tentunya sangat dinanti-nantikan oleh masyarakat Kecamatan Pinggir dan sekitarnya.

"Kebijakan pembangunan Taman Bathin Muajolelo ini diharapkan mendapat respon dan  sambutan yang hangat serta sambutan yang  positif dari masyarakat," terangnya.

Selain Bupati Bengkalis dan Ketua TP PKK Kabupaten Bengkalis juga terpantau dihadiri oleh sejumlah, Anggota DPRD Dapil  Mandau-Pinggir, beberapa Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis, diantaranya, Plt Dinas Pendidikan Bengkalis, Edi Sakura SPd. MPd, Camat Pinggir Toharuddin, Camat Mandau Basuki Rakhmad, Camat Batin Solapan Amiruddin, Pelaksana Tugas Camat Tualang Mandau, Alazmi Julizar, Tokoh Masyarakat serta sejumlah Organisasi Masyarakat. (mir)
Bagikan:
KOMENTAR