Diduga Lakukan Pungli, Oknum Wali Kelas SDN 077290 Loloana'a Besok Dilaporkan ke Mapolres Nias


author photo

25 Apr 2018 - 19.47 WIB


RADAR ACEH | Gunungsitoli- Sekolah sebagai dunia pendidikan merupakan tempat untuk menuntut Ilmu agar kelak anak didik sebagai generasi penerus bangsa ini lebih manusiawi.

Namun, beda halnya dengan yang terjadi di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 077290 Loloana'a Kecamatan Gunungsitoli Idanoi, Kota Gunungsitoli, Provinsi Sumatera Utara, dimana ada terduga oknum wali kelas VI masih melakukan pungli kepada setiap murid sebesar Rp.20 ribu dengan modus pembuatan foto.

Kepada Pewarta, sejumlah orang tua yang tidak mau dituliskan namanya sebagaimana diatur dalam kode etik jurnalistik terhadap perlindungan kepada setiap narasumber, menyampaikan keberatan atas perihal dugaan pungli diatas.

"Kami keberatan pak, dan kami siap melaporkan hal ini kepada penegak hukum" kata sejumlah orang tua murid. 

Lanjut mereka, "sebelumnya kami sudah laporkan dugaan pungli ini kepada Pemerintah Desa (Kepala Desa) dan sudah kami datangi, namun Kepala Sekolah SDN Loloana'a saat itu sedang diluar"


Menyikapi hal tersebut, Pemerhati dunia James Perlindungan Harefa, SH mengatakan, "sangat prihatin atas informasi dugaan diatas yang masih saja adanya pungli kepada anak murid, pihak kami sangat mendukung orang tua murid jika hal ini ditingkatkan kepelaporan di Mapolres Nias dan akan memberikan luang waktu untuk mendampingi pihak orang tua murid yang merasa keberatan atas dugaan pungli tersebut" ujar James yang kesehariannya berprofesi sebagai advokat/ pengacara itu.

Pihaknya juga menyampaikan, "dengan adanya laporan dari orangtua murid maka pihak penyidik Polres Nias dapat melakukan penyelidikan, sehingga jika terbukti adanya pungli maka ada efek jera terhadap oknum-oknum guru yang lain yang masih mempunyai watak PUNGLI", tegasnya. [REL/sz]
Bagikan:
KOMENTAR