Umuslim Evaluasi Program KKM


author photo

10 Mar 2018 - 18.29 WIB


RADAR ACEH | Bireuen --- Universitas Almuslim (umuslim) Peusangan melakukan evaluasi pelaksanaan program kuliah kerja Mahasiswa (KKM), kegiatan evaluasi berlangsung di Auditorium Academic Center (AAC) Ampon Chiek Peusangan, kampus umuslim, Sabtu (10/3).


Kegiatan dibuka Wakil Rektor III Umuslim Ir.Saiful Hurri, MSi menyampaiakan bahwa, lazimnya kegiatan evaluasi ini dilakukan pada pertengahan kegiatan, tetapi karena waktunya yang singkat kita lakuakn secara menyeluruh dari persiapan sampai selesai, sebagai acuan untuk pelaksanaan di;asa yang akan datang,"ujarnya.


Kemudian Drs.Syarkawi,M.Ed selaku kepala Bapel program kuliah kerja mahasiswa (KKM) umuslim menjelaskan bahwa kkm di umuslim sudah berjalan enam belas angkatan merupakan salah satu wujud dari implementasi Tri Darma Perguruan Tinggi.


Hai ini sesuai tuntutan mata kuliah di akademik dan sekaligus sebagai upaya pengintegrasian antara mahasiswa dan masyarakat di pedesaan.


Untuk menilai program ini, sejauh mana terserap,apakah sesuai harapan dan mencapai hasil yang maksimal, sesuai situasi dan harapan masyarakat, sehingga bermanfaat secara makasimal.


Dalam pidatonya sambil mengutip pepatah arab Syarkawi mengatkan bahwa orang yg hari ini lebih baik dari hari kemarin berarti mereka termasuk orang yang beruntung.


Sedangkan orang yg hari ini sama dengan hari kemarin berarti mereka termasuk orang yg rugi. Semetara orang yg hari ini lebih jelek dari hari kemarin berarti meraka termasuk orang yang dzalim. 

Justru itu, kita semua ingin mengumpulkan pengalaman masa lalu, merancang program dan harapan hari ini untuk bisa sukses yg lebih besar untuk masa yang akan datang,"papar Drs.Syarkawi, M.Ed.


Sehingga diperlukan sebuah evaluasi secara menyeluruh, mulai dari program kerja, perangkat pelaksana, hasil yang dicapai dilapangan, sampai dampak yang ditimbulkan dari program ini, jelas kepala Bapel KKM Drs.Syarkawi,M.Ed.


Kepala Bapel dalam kesempatan tersebut juga memohon maaf kepada seluruh peserta kkm, yang mungkin dalam.pelaksanaannya banyak terdapat berbagai kendala dan kekurangan, dan menurutnya berbagai kekurangan tersebut semuanya diluar dari pada kemampuan pihaknya, kami terus berupaya memperbaiki berbagai kekurangan dan kendala tersebut di masa yang akan datang.


Kabag humas Zulkifli,M.Kom menambahkan acara evaluasi turut dihadiri mahasiswa peserta kkm di kabupaten aceh tengah dan peserta kkm-ppl terpadu di luar negeri (Thailand Selatan) yang telah selesai beberapa bulan lalu,"jelas Zulkifli.


Pada kegiatan evaluasi tersebut peserta ikut mpersentasikan berbagai program yang dilaksanakan dalam bentuk video dan gambar yang mereka lakukan di lapangan.


Menurut Zulkifli lagi, hasil evaluasi ini akan menjadi acuan bagi universitas dalam merancang berbagai program pelaksanaan kkm dimasa yang akan datang.


Kegiatan evaluasi selain dihadiri peserta kkm, juga dihadiri para wakil rektor, dosen pembimbing lapangan (DPL), lembaga penelitian dan pengabdian masyarakat (LPPM)'badan penjaminan mutu (BPM) universitas dan Direktur hubungan Internasional Umuslim.


Acara ditutup dengan pembacaan doa oleh Muhammad Zaki salah seorang mahasiswa peserta KKM dan sesi foto bersama (Fau).
Bagikan:
KOMENTAR