Sertu Harry Berikan Pembekalan Bela Negara Pada Persami Pramuka Kwarcab Nagan Raya


author photo

5 Mar 2018 - 17.18 WIB


Nagan Raya -- Sertu Harry Personel Kodim 0116/Nagan Raya memberikan pembekalan kepada peserta Persami Kwartir Cabang (Kwarcab) Nagan Raya yang berlangsung di Pantai Naga Indah Permai Desa Lhok Kecanatan Kuala Pesisir Nagan Raya, Minggu (05/03).


 

Kegiatan Persami yang berlangsung selama 2 hari mulai tanggal 3-4 Maret 2018 diikuti oleh siswa SMU -Se Nagan Raya dan mereka adalah calon anggota Dewan Kerja Cabang Kwarcab Nagan Raya yang telah terpilih dan memenuhi syarat untuk dilantik menjadi Bantara.


 

Ke 30 peserta ini sebelumnya telah melalui serangkaian seleksi baik kesehatan, wawasan, pengetahuan Pramuka, Tekpram (Teknik Kepramukaan) dan nantinya setelah kegiatan ini mereka akan dilantik sebagai Bantara" kata Raja Pahlawan,SP Instruktur Pelatih Kwarcab Nagan Raya.


 

Lebih lanjut Kak Raja mengatakan, selain pembekalan tentang kepramukaan, kami juga memberikan pembekalan tentang bahaya Narkoba, wawasan kebangsaan dan Bela Negara agar kualitas Nasionalisme dan kebangsaan dapat melekat pada pribadi kaitannya Pramuka sebagai sebuah pendidikan pembentukan karakter generasi muda.


 

Dalam kesempatan pembekalan Bela Negara dan wawasan kebangsaan, Sertu Harry menyampaikan bahwa saat ini Rasa Nasionalisme dan kebangsaaan generasi muda mengalami penurunan bahkan sudah menjurus ke degradasi moral. Perkembangan pengetahuan dan teknologi serta invasi kebudayaan dari luar sudah merasuk ke sendi-sendi kehidupan.


 

Terlebih dengan adanya ekspansi kebudayaan asing yang tidak sesuai dengan adat ketimuran. Untuk itu Pembekalan bela negara dan pengetahuan wawasan kebangsaan di lingkungan siswa/pelajar sangat penting guna menangkal dan menyaring kebudayaan serta meningkatkan nilai-nilai kejuangan dan cinta tanah air.


 

Gerakan Pramuka yang merupakan bagian dari Komponen Cadangan dalam sistem pertahanan Negara juga harus turut dalam upaya Bela Negara, dimana bila dibutuhkan oleh Negara sewaktu-waktu seluruh anggota Pramuka harus siap digunakan kemampuannya.


 

Kegiatan ini dilakukan untuk menanamkan nilai-nilai disiplin dan mental kejuangan dalam kehidupannya, sehingga akan tercipta anggota Pramuka yang sekaligus pelajar yang dapat dipertanggungjawabkan sikap dan perilakunya.


 

Hal ini sejalan juga dengan Tugas Pokok TNI yaitu dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP) dimana salah satunya yaitu memberdayakan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya secara dini sesuai dengan sistem pertahanan semesta" Pungkas Sertu Harry (Rph,Lw)

Bagikan:
KOMENTAR