TNI Tanamkan Kesadaran Bela Negara Kepada Pelajar MAN 1 Takengon


author photo

22 Feb 2018 - 14.04 WIB


Takengon - Prajurit TNI dari Koramil-02/BBS di bawah Komando Plh. Danramil Kapten Inf Bambang Suhartono menggelar Out Bound Training dan Wawasan Kebangsaan ( Wasbang ) untuk menanamkan kesadaran bela negara maupun meningkatkan kedisiplinan kepada pelajar MAN 1 Takengon Jln. Lebe Kader Ds. Kemili Kec. Bebesen Kab. Aceh Tengah, Rabu 

( 21/02/2018 ).


 

Di tempat terpisah Dandim 0106/Ateng Letkol Ing Hendry Widodo mengatakan, dengan adanya pemahaman wawasan kebangsaan, akan memancarkan kualitas dan ketangguhan bangsa dalam menghadapi berbagai ancaman terhadap eksistensi suatu negara.


 

Lanjutnya, semangat kebangsaan atau nasionalisme merupakan bagian dari wawasan kebangsaan berdasarkan Pancasila sebagai ideologi dan pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 merupakan pendorong dan motivasi dalam mengisi kemerdekaan dan pembangunan guna mempertahankan tegaknya NKRI, sekaligus sebagai manivestasi dari kesadaran bela negara.


 

Maksud dan tujuan di selenggarakan acara ini adalah untuk membentengi diri dari pengaruh negatif kemajuan teknologi informasi. "Sebagai remaja, jangan terjerumus dengan berbagai kenakalan akibat seringnya membaca dan melihat situs-situs yang gampang ditiru, seperti pergaulan bebas, ugal-ugalan, narkoba dan melakukan tindakan kriminal lainnya yang disebabkan ketidak pemahaman akan wawasan kebangsaan yang berakibat membahayakan Bangsa dan Negara", Jelas Dandim.


 

Sementara itu Danramil menyampaikan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pembelajaran tentang perilaku kepemimpinan dan  manajemen di alam terbuka dengan pendekatan yang unik serta sederhana tetapi efektif, karena pelatihan ini tidak sarat dengan teori-teori melainkan langsung di terapkan pada elemen-elemen yang mendasar yang bersifat sehari-hari, seperti saling percaya, saling memperhatikan, sikap proaktif dan komunikatif.


 

Tambahnya, dimensi alam sebagai objek pendidikan bisa menjadi laboratorium sesungguhnya yang mengasyikan, apalagi metode dalam kegiatan ini adalah belajar sambil bermain yang mengedepankan interaksi dua arah, dengan harapan akan lebih tepat sesuai tujuan yang ingin dicapai yaitu memberikan pengetahuan wawasan kebangsaan dan kedisiplinan.


 

Kembangkan terus semangat belajar demi masa depan untuk mengisi kemerdekaan, jangan sampai tertinggal oleh bangsa lain, buktikan kepada bangsa, negara, guru dan orang tua para siswa-siswi, bahwa adik-adik adalah orang yang berhasil dan terbaik, Harap Kapten inf Bambang (Rph,Lw)

Bagikan:
KOMENTAR