Pangdam IM Lantik dan Ambil Sumpah 160 Bintara TNI AD TA. 2017


author photo

15 Feb 2018 - 15.12 WIB


Aceh Besar ---  Panglima Kodam Iskandar Muda Mayjen TNI Moch. Facrhudin, S.Sos., memimpin upacara pelantikan sekaligus pengambilan sumpah 160 Bintara lulusan pendidikan pertama Bintara TNI AD TA. 2017, Kodam Iskandar Muda di lapangan Upacara Rindam IM, Mata Ie. Kamis (15/02/18).


Bertindak sebagai Komandan Upacara Letnan Kolonel Inf Adi Aradi, SH., yang merupakan Komandan Secaba Rindam IM.


Mengawali amanatnya, Pangdam mengucapkan selamat dan apresiasi kepada seluruh prajurit Abituren Dikmaba TNI AD TA. 2017 yang telah memenuhi panggilan hati dan berhasil menyelesaikan pendidikan ini dengan baik dengan melewati pendidikan penggemblengan kawah chandradimuka selama 5 (lima) bulan di Rindam Iskandar Muda sebagai orang yang terpilih dan memiliki mental baja untuk menjadi seorang prajurit TNI AD.


Lanjut Pangdam, Kebanggaan menjadi prajurit harus dibuktikan dengan sikap dan perilaku nyata pada saat mengikuti pendidikan lanjutan  maupun pada saat  bertugas nantinya. Sadari jati diri TNI, Etika prajurit, bulatkan tekad dan sepenuh hati menjadi prajurit TNI AD yang profesional, mahir dalam olah keprajuritan, disiplin dan patuh pada norma yang berlaku di dalam kehidupan militer.


Dalam pendidikan tahap pertama, semua prajurit telah memperoleh bekal dasar pengetahuan dan ketrampilan militer yang sangat berharga untuk mengawali tugas sebagai seorang prajurit TNI AD yang harus senantiasa terus dimantapkan dan dikembangkan sebagai bekal untuk menjadi prajurit yang tanggap, tanggon dan trengginas.


Bina fisik secara teratur dan terus tingkatkan semangat belajar dan berlatih dengan memanfaatkan waktu dan kesempatan yang ada,"Tegasnya.


Setelah mengikuti pendidikan pertama Bintara ini, para prajurit akan melanjutkan ke pendidikan tahap kedua yaitu pendidikan kecabangan masing-masing. Khusus untuk kecabangan infanteri, pendidikan akan dilaksanakan di dodiklatpur rindam iskandar muda.


Selain itu, Pangdam juga menyampaikan beberapa penekanan kepada seluruh Bintara Remaja untuk dipedomani dan dilaksanakan, sebagai berikut :


Pertama, tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, agar kita selalu mendapatkan bimbingan, petunjuk dan ridho-nya dalam setiap langkah pengabdian kepada bangsa dan negara.


Kedua, pelihara dan pelajari lebih mendalam ilmu-ilmu yang sudah didapat selama mengikuti pendidikan.


Ketiga, jangan merasa puas diri dari apa yang sudah dicapai saat ini. Siapkan fisik dan mental yang  prima untuk mengikuti pendidikan berikutnya sesuai kecabangan masing-masing.


Keempat, jalani kehidupan sebagai prajurit dengan berpegang teguh pada sapta marga, sumpah prajurit dan delapan wajib tni dalam setiap langkah dan tindakan, baik dalam kedinasan maupun dalam bergaul bersama masyarakat.


Kelima, hindari perbuatan tercela yang dapat mencederai citra TNI AD, selalu mengindahkan hukum, etika pergaulan dan nilai-nilai budaya yang berlaku dalam kehidupan masyarakat.


Menutup amanatnya, Pangdam mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Danrindam Iskandar Muda beserta seluruh staf dan pelatih atas kerja keras yang telah dilakukan sehingga penyelenggaraan pendidikan Dikmaba TNI AD TA. 2017 ini dapat terlaksana dengan baik. Segera lakukan evaluasi dan gunakan hasilnya sebagai bahan untuk meningkatkan mutu penyelenggaraan pendidikan di masa yang akan datang.


Sebagai lulusan terbaik pada Pendidikan Pertama Bintara TNI AD Tahap I TA. 2017 diraih Serda Roni Barahim Sipangkar putra asal Medan Sumatera Utara dari pasangan bapak Juanda Sipangkar dan ibu Hedi Situmorang, yang merupakan anak ke enam dari sembilan bersaudara.


Usai pelaksanaan upacara dilanjutkan dengan Defile dan demonstrasi diantaranya bongkar pasang senjata SS1, M16, dan pistol, senam senjata, dan beladiri Yongmoodo oleh mantan siswa Dikmaba TNI AD TA. 2017 Rindam IM.


Upacara pelantikan dan pengambilan sumpah dihadiri oleh Kasdam IM Brigjen TNI Achmad Daniel Chardin, Irdam Kolonel Inf Fajar Budiman, Ketua Persit KCK PD IM Ny. Shanti Moch. Facrhudin, Danrindam IM Kolonel Inf Niko Fahrizal, Pa Staf Ahli Pangdam IM, para Asisten, LO AL, LO AU dan Kabalak serta Dansat jajaran Kodam IM, pengurus Persit KCK PD IM serta tamu undangan dan orang tua mantan siswa Secaba (Rph,Lw)

Bagikan:
KOMENTAR