Mawardi MZ : Pendidikan Jadi Kunci Bonus Demografi 2020-2030


author photo

17 Feb 2018 - 23.18 WIB


ACEH --- Bonus Demografi adalah bonus yang dinikmati suatu negara sebagai akibat dari besarnya proporsi penduduk produktif (rentang usia 15-64 tahun) dalam evolusi kependudukan yang dialaminya. Bonus demografi ini hanya terjadi sekali dalam kurun waktu yang sangat lama dan akan berlangsung dalam waktu yang cukup singkat.

Oleh karena itu harus dimanfaatkan sebaik mungkin agar bonus demografi tersebut tidak lewat begitu saja. Momentum ini mau tidak mau harus diupayakan sedemikian rupa agar dapat membawa dampak positif bagi bangsa Indonesia.

Menurut Mawardi selaku salah satu mahasiswa Jurusan Hukum keluarga Islam Fakultas Syariah IAIN Lhokseumawe mengatakan: Keberhasilan dalam memanfaatkan bonus demografi sangat dipengaruhi oleh faktor utama yaitu kualitas pendidikan. Oleh karena demikian semua cita-cita yang di inginkan untuk menjadikan bonus demografi sebagai dampak positif untuk Indonesia tahun 2020-2030 semuanya akan terwujud melalui pendidikan yang berkualitas, jika tanpa pendidikan semua cita-cita tersebut  akan sirna untuk Indonesia sejahtera.

Dikarnakan Bonus demografi dapat mendatangkan keuntungan yang besar bagi Indonesia. Dengan persiapan yang baik dan investasi yang tepat, bonus demografi bisa mengubah masa depan Indonesia menjadi lebih sejahtera dan maju dengan syarat melalui pendidikan yang berkualitas.

Pada fase bonus demografi jumlah anak muda sangat besar sebagai kelompok produktif yang telah memasuki usia kerja. Sehingga Pengelolaan ketenagakerjaan yang baik, menjadi pekerjaan rumah yang harus dilakukan oleh pemerintah. Pengelolaan ketenagakerjaan yang baik dengan mempersiapkan angkatan kerja yang berkualitas, akan menentukan keberhasilan pemanfaatan bonus demografi.

Salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan dalam fase bonus demografi yaitu meningkatnya kebutuhan terhadap pendidikan. Meningkatnya jumlah anak muda pada tahun 2020 hingga 2030, akan berpengaruh pada meningkatnya kebutuhan akan fasilitas pendidikan.

Pendidikan telah menjadi kebutuhan mendasar bagi penduduk yang harus dipenuhi selain kecukupan gizi dan kesehatan. Dengan kesempatan yang mudah untuk mengenyam pendidikan, tentu akan dapat menciptakan penduduk yang berkualitas dan terampil.

Dalam usaha untuk meningkatkan kualitas anak muda sebagai penduduk produktif masa mendatang, salah satu usaha yang tepat adalah dengan menyediakan kesempatan pendidikan seluas-luasnya. Kemudahan akses pendidikan dan didukung oleh prasarana pendidikan yang lengkap, serta tenaga pendidik yang berkualitas, akan menciptakan masyarakat yang berkualitas pula. Dengan kesempatan mengenyam pendidikan sampai ke jenjang yang tinggi, tentu menjadi modal penting untuk menciptakan angkatan kerja yang berkualitas dan terampil.

Peningkatan kualitas pendidikan menjadi faktor utama keberhasilan perencanaan ketenagakerjaan. Perencanaan tenaga kerja akan menjamin kebutuhan tenaga kerja, terutama tenaga kerja terdidik yang diperlukan dalam pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM), Dalam kerangka bonus demografi perencanaan ketenagakerjaan berhubungan erat dengan pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas.

Dengan demikian jika pendidikan yang berkualitas sudah terserap ke semua pelosok Indonesia, Insya Allah Bonus Demografi yang akan terjadi di Indonesia 2020-2030 Akan membawa dampak Positif yang sangat besar.

Penulis adalah:
Nama : Ustaz Muda Mawardi MZ
TTL : Puuk, 21-06-1998
No HP : 0822 8481 2852
Saat ini tercatat sebagai mahasiswa Jurusan Hukum keluarga Islam Fakultas Syariah IAIN Lhokseumawe.

Bagikan:
KOMENTAR