Desa Binaan TAPM Bireuen Gampong Ranto Panyang Canangkan Padat Karya Tunai 2018


author photo

23 Feb 2018 - 19.12 WIB


RADAR ACEH | Bireuen- Pencanangan Program Padat Karya Tunai (PKT) di Gampong Ranto Panyang Kecamatan Juli berjalan sukses, acara pembukaan berlangsung dihalaman Kantor Keuchiek Desa setempat, Jum'at (23/2/2018).


Keuchiek Gampong Ranto Panyang, Zahri AR dalam sambutannya, mengatakan, "sejak pemekaran gampong tahun 2007 lalu, di gampong Ranto Panyang jalan aspal baru 200 meter yang ada,  yang lain masih dalam kondisi hancur dan sulit dilalui kenderaan, tapi sekarang Alhamdulilah sudah mulai kita benahi dan hampir semua jalan lintas desa sudah teraspal", sebutnya.


Lanjutnya, "dua bulan lalu ada jalan yang longsor terkikis ke sungai. Ini saya utarakan sebagai bahan masukan Insya Allah kita akan tinjau bagaimana Gampong Ranto Panyang sudah menjalan 4 (empat) prioritas Kemendesa PDTT, diantaranya,  BUMG, Embung Desa, Posyantekdes dan Sorga (Sarana Olah Raga) Desa, sementara hari ini kita canangkan Program Padat Karya Tunai dalam kegiatan normalisasi embung desa dengan menggunakan tenaga masyarakat yang dibayar upah nantinya, sementara tahun sebelumnya dengan nama Swakelola" ujar Keuchiek Zahri.


"Terima kasih kami kepada TA PM Program P3MD Kemendesa Kabupaten Bireuen, TA, PD dan PLD, Muspika Kecamatan Juli serta Pemkab Bireuen yang telah memilih Gampong Ranto Panyang sebagai gampong Binaan TAPM Kabupaten Bireuen," kata Zahri.


Pada kesempatan yang sama, Camat Kecamatan Juli, Drs. Munir dalam sambutannya,menambahkan "Kegiatan Padat Karya merupakan pencanangan untuk kegiatan dalam rangka mengimplementasikan Dana Desa untuk kesejahteraan masyarakat, tujuan utama untuk mengentaskan kemiskinan dengan menambah penghasilan masyarakat".


Dikatakan Camat, "Hasil dana desa selama ini dinilai mungkin kurang berdampak pada penghasilan masyarakat. Semoga dengan adanya PKT masyarakat bisa menikmati dana baik laki-laki maupun perempuan sesuai kriteria pekerjaan nantinya" tutur Camat Munir seraya membuka secara resmi Program PKT.


Selain itu, Tenaga Ahli Teknologi Tepat Guna (TA TTG) Yasrizanur yang didampingi TAPM lainnya, menjelaskan "PKT merupakan Program yang dicanangkan oleh Presiden RI, melalui Kemendesa PDTT, dimana sebanyak 30% dari upah kerja Infrastruktur yang harus dilaksanakan di desa dengan mendapat dukungan dari tingkat Kementerian dalam Kabinet Presiden Jokowi sampai ke tingkat Desa".


Tambah Yasri, "PKT di Gampong Ranto Panyang merupakan yang pertama di Kecamatan Juli, sebelumnya sudah kita lakukan di Gampong Meunasah Bungo Kecamatan Peudada dan Ranto Panyang sendiri juga Desa Binaan dari TAPM Program P3MD Kemendes di Kabupaten Bireuen" pungkas TA TTG yang akrab di sapa Pak Yas. 


Tampak hadir, Camat Kecamatan Juli Drs.Munir, Kapolsek Juli, Danramil M.Nasir, TAPW 1 Provinsi Aceh A.Hamid, TAPM Program P3MD Kemendes Kabupaten Bireuen, TA TTG Yasrizanur, TA PP Munzir, TA ID Zulfan Arita, TA PED Zulfikar, TA PSD Mukhlis Aminullah, PD dan PLD Kecamatan Juli.


Amatan Radar Aceh di lokasi, unsur undangan bersama Keuchiek  Zahri AR, Perangkat Desa serta masyarakat setempat yang selanjutnya langsung bergerak menuju lokasi kegiatan Embung Gampong Ranto Panyang seluas 40x150 meter yang akan dibangun dengan dana diluar Dana Desa (DD) sejumlah 300 juta itu bantuan dari Kemendesa PDTT yang akan disalurkan ditahun 2018 ini. [SR]
Bagikan:
KOMENTAR