Dampak Erupsi Gunung Sinabung, Anggota Brigif 25/Siwah Bagikan Masker Kepada Warga Sekitar


author photo

20 Feb 2018 - 18.59 WIB


Lhoksukon -  Debu abu vulkanik letusan Gunung Sinabung di Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara, berdampak hingga mencapai Kota Lhoksukon, Aceh Utara Provinsi Aceh, anggota Brigif 25/Siwah, membagikan masker kepada warga sekitar Markas. Blang Aman (20/2/18).

Pembagian masker kepada warga oleh TNI adalah sebagai upaya untuk mengantisipasi bahaya saluran pernafasan dari bahaya debu vulkanik, sehingga tetap aman selama beraktivitas., Selain dapat menganggu pernafasan, abu vulkanik tersebut juga dapat menyebabkan iritasi pada mata jika beraktivitas di luar ruangan disarankan untuk memakai masker, guna mengurangi bahaya debu tersebut, ungkap Danbrigif 25/Siwah Letkol Inf Asep Sukarna

Wilayah terdekat dari Tanah Karo seperti Aceh Tenggara, Gayo Lues, Subulussalam, Aceh Selatan, dan beberapa daerah lainnya dipastikan terdampak debu vulkanik,Pungkas nya.

Sementara itu, sebagaimana diketahui, abu vulkanik tersebut mulai terasa sekitar, pukul 19.00 Wib, yang ditandai dengan berdebunya benda-benda yang berada diluar rumah seperti kendaraan dan lain sebagainya..

Semburan awas panas akibat erupsi gunung api tersebut menyebar hingga 4,9 km ke arah selatan serta 3,5 km ke arah timur dan tenggara gunung. Sementara itu, debu vulkaniknya terbang ke arah barat sesuai arah tiupan angin saat itu.

Meski erupsinya cukup besar, PVMBG tidak mencatat adanya penambahan pengungsi maupun korban (Rph,Lw)

Bagikan:
KOMENTAR