Dalam Rangka Peningkatan Kapasitas Ibu PKK, Gampong Lhok Gajah Adakan Kegiatan Adat


author photo

17 Feb 2018 - 13.12 WIB


Radaraceh.com | Sawang --- Pemerintah Gampong Lhok Gajah Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Utara mengadakan pelatihan peningkatan kapasitas kelompok perempuan. Kegiatan yang digelar Sabtu (17/02) di Meunasah Gampong tersebut di ikuti oleh sekitar 30 orang kaum ibu desa setempat.

Tim Pengelola Kegiatan (TPK) Gampong Lhok Gajah, Abdullah Agani. SH mengatakan, acara ini bertujuan untuk melestarikan adat dan istiadat Aceh supaya tidak luntur dengan perkembangan zaman saat ini.

Dalam pelatihan kali ini kita fokus pada pelatihan merangkai Sirih dan mengukir buah yang dananya kita ambil dari dana desa tahun 2017," jelasnya.


Kita ingin peserta mengerti bagaimana adat istiadat supaya saat melakukan acara pernikahan buat putra-putri mereka dan acara adat lainnya nanti mereka paham," ungkap pria yang menjabat Kaur Umum tersebut.

Ketika ditanyakan tentang mengapa ini terlambat dilakukan, padahal ini kan sudah tahun 2018, Abdullah mengatakan karena waktu pelatih yang tidak kosong.

Sebenarnya sudah lama kita lakukan, namun karena mengingat orang yang akan melatih tidak ada waktu luang karena padatnya jadwal yang harus duluan dipenuhi ke desa lain,"Ungkapnya.

Keuchik Lhok Gajah, Munidar kepada Radar aceh juga membenarkan, bahwa pekerjaan dana desa tahun 2018 hanya ini yang belum kami lakukan, karena mengingat tidak ada waktu pelatih, ya baru hari ini yang ada, makanya kami lakukan hari ini.

Lanjut Keuchik, sementara untuk pekerjaan lainnya yang bersumber dari Dana Desa Tahun 2017, baik pekerjaan fisik maupun non fisik sudah kami laksanakan semua sesuai dengan pertanggung jawaban realisasi yang sudah kita kirimkan ke kabupaten.

Kami berharap kepada pemerintah kabupaten agar dalam hal transfer dana desa ke rekening Gampong tidak di akhir tahun seperti yang audah terjadi pada tahun 2016 dan 2017, namun harus disegerakan, artinya harus ada waktu buat kami para peranhkat desa untuk bisa menyelesaikan setiap item pekerjaan di tahun yang sama dengan tahun anggaran,"pinta Munidar.

Ditempat terpisah, Zulkifli, S.Sos Pendanping Lokal Desa (PLD) yang bertugas di desa Lhok Gajah juga mengucapkan apresiasi kepada pihak pemerintah gampong yang turut mengalokasikan dana desa untuk pemberdayaan perempuan seperti merangkai sirih, mengukir buah, Tahjiz Mayit dan yang  bersifat pemberdayaan lainnya.

Saya bangga dan apresiasi kepada pemerintah Gampong Lhok Gajah yang merupakan Desa dampingan saya, dan Kecamatan Sawang pada umumnya yang saya lihat tahun ini hampir merata desa ada dialokasikan untuk kegiatan peningkatan kapasitas yang seperti ini, kita beharap kedepan kegiatan seperti ini bisa berlanjut dan bisa diimplementasikan di acara acara adst di desanya,"jelas Zulkifli. (FA)

Bagikan:
KOMENTAR