Bupati Aceh Utara Resmikan Puskesmas Babah Buloh Kecamatan Sawang


author photo

17 Jan 2018 - 14.05 WIB


Sawang --- Bupati Aceh Utara H Muhammad Thaib meresmikan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskemas) Babah Buloh  Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Utara, Rabu (17/01).

Acara peresmian yang turut di hadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Aceh Utara, Dr. Machrozal, camat Sawang Drs. Sufyan, MM, DPRK Aceh Utara Tantawi Usmi, Fauzi, M Sani dan perwakilan dari berbagai instansi dari Kecamatan Sawang.

Dalam pidatonya, Bupati Aceh Utara ini mengatakan Puskesmas ini dibangun sebagai pusat penanganan medis tingkat pertama bagi masyarakat, jadi tidak mesti ke rumah sakit kalau masih bisa sembuh di fasiltas kesesehatan ini," kata Cekmad di sela sela acara peresmian itu.

Tambah Cekmad, adanya Puskesmas ini untuk memperlancar pelayanan Kesehatan kepada warga sawang yang walaupun sudah memiliki Puskesmas di pusat kecamatan, namun dengan kehadiran Puskesmas Babah Buloh ini dapat mengoptimalkan pelayanan masyarakat sawang bagian utara. pelayanan yang bermutu tentunya diharapkan guna mewujudkan pembangunan kesehatan di wilayah kerjanya itu.

"Nantinya, penanganan kesehatan harus sesuai standar sehingga masyarakat yang berobat tidak kecewa atas pelayanan petugas medis, beliau juga berharap agar proses administrasi pengurusan BPJS tidak dipersulit dan jangan menjadi beban bagi pasien dan keluaega dalam proses pengurusan Bpjs yang nantinya malah  akan berakibat tambah sakit bagi pasien,"ujarnya.

Ia melanjutkan, ke depan setiap kecamatan harus memiliki puskesmas yang memiliki pelayanan ekstra sehingga tujuan menyehatkan masyarakat dapat tercapai dengan baik.

Hal itu guna menunjang penanganan kesehatan yang cepat kepada masyarakat, namun semua itu juga harus diiringi dengan prasarana, peralatan dan tenaga kerja medis yang memadai sesuai dengan Permen Kesehatan 75/2014.

"Sarana yang menunjang dan tenaga kesehatan penting untuk setiap puskesmas," ujarnya. Selain itu, Bupati juga berpesan kepada semua tenaga kesehatan puskesmas agar bekerja secara profesional sesuai standar kerja.

"Petugas medis harus berpegang teguh pada standar prosedur operasional, etika profesi dan hormati hak pasien. Kepentingan keselamatan pasien menjadi prioritas, kalau ada pelayanan kesehatan yang tidak optimal atau ada keluhan terhadap pelayanan Puskesmas silakan masyarakat laporkan kepada saya langsung atau Pak Kadis Kesehatan,"tegsasnya.

Ia juga berpesan agar masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas kesehatan tingkat pertama itu dengan baik sehingga warga akan lebih terjaga serta mempermudah dalam setiap upaya pengobatan.

Ketika disinggung masalah nasib tenaga honorer dan bakti di Puskesmas tersebut, cekmad belum bisa memberikan jawaban yang pasti.

Masalah nasib honorer dan tenaga bakti disini, sampai hari ini saya belum bisa memberikan jawaban pasti, karena itu diperlukan koordinasi ke jenjang lain, namun saya akan berusaha semaksimal mungkin agar harapan saudara semua bisa terpenuhi,"terangnya.

Dalam.kesempatan itu pula, cekmad juga menyinggung masalah beberapa Peraturan Bupati yang akan dilahirkan untuk tahun 2018 ini diantaranya Perbup tentang Dayah.

Kita sekarang lagi membahas beberapa peraturan Bupati  untuk tahun 2018, diantaranya Perbup tentang Dayah yang mekanisme nya akan kita sesuaikan nantinya, apakah kita bebankan kepada Dana desa mengingat kabupaten kita lahi defisit, ya nanti kita lihat,"terangnya.

Sementara itu, persemian beroperasinya Puskesmas Babah Buloh ditandai dengan pengguntingan pita dan tanda tangan batu prasati dilakukan langsung Bapak Bupati Aceh Utara H muhammad Thaib. (FA).

Bagikan:
KOMENTAR