“Gurun Putih Lestari” Kebun Binatang Terlengkap Di Kota Aceh


author photo

7 Mei 2017 - 23.23 WIB


Aceh - patut berbangga karena kini memiliki destinasi wisata kebun binatang yang patut diperhitungkan, yaitu Kebun Binatang Gurun Putih Lestari (GPL).Kebun binatang berskala Internasional ini baru diresmikan Sabtu, 6 Mei lalu,bertepatan dengan pembukaan Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan Andalan (PENAS KTNA) XV 2017.

Gurun Putih Lestari terletak di Desa Cucum, Kecamatan Jantoh, Kabupaten Aceh Besar. Kebun binatang ini memiliki luas sekitar 60 hektar , dengan jumlah ratusan jenis binatang dari puluhan spesies yang didatangkan dari berbagai daerah maupun dari luar negeri, Minggu (07/05).

Kebun binatang Gurun Putih Lestari didirikan atas prakarsa seorang pecinta hewan di Aceh, Abdul Hafidz Al Fairussy Al Baghdaddy, beliau merupakan putra dari seorang ulama besar dan sangat berpengaruh di Aceh, yaitu Abu Tanoh Abee.

Abdul Hafidz mendirikan Kebun Binatang ini atas swadayanya sendiri, tanpa mengandalkan bantuan pemerintah maupun pemda setempat. Ia mengaku telah menghabiskan dana kurang lebih 9 Miliar dari sejak pembangunannya diawal 2015 lalu.

Ia berharap kebun binatang ini tidak hanya sekedar untuk tempat penampungan satwa eksotis koleksi pribadinya, namun fungsinya dapat berkembang pula sebagai sarana perlindungan dan pelestarian, pendidikan, penelitian, serta pusat rekreasi, (AR,01).
Bagikan:
KOMENTAR